Senin, 12 Januari 2009

9 Tips Bahagia Setiap Hari

Manusia tidak akan dapat mempertahankan emosinya berada dalam kondisi yang sama dari hari ke hari .
Entah itu emosi negatif ataukah positif .
Ketika marah , tidak mungkin setiap hari marah , kecuali jika kita memang telah membenarkan diri bahwa kita pemarah , sehingga setiap hari harus marah .
Tentu ini gawat jika terjadi bukan .
Untuk emosi yang positif kita pun demikian , kita tidak mungkin bahagia , selamanya , seperti halnya dengan kesedihan .
Tapi tidak ada salahnya jika kita menginginkan kita selalu bahagia selamanya bukan .
Bahkan wajib untuk bahagia setiap hari .
Malah saya selalu berharap agar selalu bahagia di dunia dan di akhirat .
Lalu bagaimana jika emosi itu tidak langgeng terus menerus ?
Mudah . .
Lho kenapa mudah karena jawaban mudah lebih baik kita ucapkan dari pada sulit , paling tidak ketika kita katakan mudah , sedetik kemudian otak kita akan berpacu untuk mencari jawabnya .
Emosi banyak dipengaruhi oleh sikap yang kita lakukan , contoh sederhana .
Begitu anda bangun pagi , setelah shalat misalnya , segera mandi dengan sabun dan sampo yang paling wangi , kemudian ganti baju dengan pakaian yang paling bagus , jangan lupa semprotkan minyak wangi sesukaan anda .
Apakah anda merasa segar ?
Tentu jawabannya adalah Ya !
Tapi kemudian pasang muka masam , bungkukkan badan sedikit , sayukan mata , dan jalanlah seakan-akan anda seorang prajurit yang kalah perang .
Kira-kira pertanyaan apa yang akan diajukan oleh istri , ibu atau keluarga anda ?
Bisa saya tebak , Kamu kenapa ? ada masalah apa ? Kamu habis dimarahi bosmu yaa ? kamu gagal ujian ya ? kamu tidak lulus test ya ?
Sedih amat sih ?
Saya yakin anda akan memilih salah satu jawaban di atas ?
Kenapa ?
Karena orang lain dan diri kita cenderung di lihat dari penampilan luar yang kita buat dari sikap yang kita lakukan .
Tubuh anda boleh jadi paling wangi diantara teman-teman anda , pakaian yang anda pakai boleh jadi adalah pakaian yang terbagus dan termahal di antara teman-teman pergaulan anda .
Namun sikap yang anda bentuk bisa menghilangkan semua pesona yang melekat pada diri anda itu lantaran sikap yang kita buat sendiri .
Bagaimana jika misalnya , pagi-pagi sekali setelah shalat subuh , anda belum mandi karena harus ngantri , tapi anda berjalan tegak menatap ke depan , pasang wajah penuh antusias , tebar senyum ke suluruh keluarga bahkan di depan hewan peliharaan anda .
Apa yang akan terjadi berikutnya ?
Pertama anda akan mendapatkan senyuman balasan dari keluarga anda , kecuali hewan peliharaan anda , tapi saya yakin ia pun akan membalasa senyuman anda dengan gerakan tubuhnya yang membuat stress anda hilang seketika .
Kedua anda akan mendapat pertanyaan wah habis naik gaji nih kayaknya , wah… seger amat ? Lulus test ya . . dan sebagainya .
Sikap yang kita bentuk dan kita ciptakan cukup ampuh untuk membuat diri kita menjadi lebih positif , dan tahukah anda bahwa sikap itu akan menular kepada orang lain disekitar anda , jika anda senyum anda akan mendapatkan senyuman balasan , jika anda antusias , anda akan mendapat applaus luar biasa , atau anda akan mendapatkan doa kebaikan dari mereka .
Lalu bagaimanakah seharusnya sikap kita ?
Sabarr . . saya akan memberikan 9 tips langkah-langkah kepada anda , step by step agar hidup anda berubah menjadi pribadi yang lebih baik terus-menerus , dari hari ke hari .

1. ketika anda bangun , pasang senyum manis dan katakan , Alhamdulillahi ladzi ahyana ba’damaa amaa tanaa wailaihin nushuur . Ya Allah , segala puji bagiMu , yang telah menghidupkan kami , setelah tidur kami , dan kepadaMulah kami kembali . Bersyukurlah dengan hati dan lisan anda atas nikmat hidup hari ini , hidup hari ini adalah nikmat yang begitu besar yang anda peroleh .

2. berdoalah , dan minta keberkahan di pagi hari ini kepada Allah , Ya Allah berkahilah pagi hari kami . . mintalah hari ini dimulai dengan keberkahan yang luar biasa , keberkahan dalam berbisnis , keberkahan dalam menuntut ilmu , keberkahan dalam berumah tangga , keberkahan dalam setiap aktivitas dan keberkahan dalam hidup secara keseluruhan .

3. mandi , pakai pakaian yang terbaik . terbaik di sini bukan berarti mahal , tapi yang bersih , pantas , syar’ie dan menutup aurat . Pakaian yang baik adalah wujud dari kebahagaiaan kita , ingat kisah nabi ketika didatangi malaikat yang berwujud seorang pemuda tampan dengan pakaian serba putih , rambutnya hiram , tidak tampak tanda kelelahan karena perjalana di tubuh dan wajahnya . Sikap ini adalah wujud syukur yang paling dasar yang dapat kita kerjakan tanpa mengeluarkan sepeserpun uang .

4. tegakkan badan dalam duduk , berdiri dan berjalan , jangan tergesa dan jangan lelet . Tetap tersenyum kepada siapa saja , kecuali kepada orang gila . . maaf bercanda . Pasang wajah antusias dan mata yang terbuka , katakan bismillahi tawakkaltu ‘alallahu , laa haulaa wala quwata illa billah . Dengan nama Allah , aku berserah diri , tidak ada daya upaya kecuali Allah .

5. langkahkan kaki penuh semangat , isi dada anda dengan sepenuh antusias , sepenuh tawakkal , sepenuh kesabaran , sepenuh pengharapan , sepenuh keberanian dan pantang menyerah . Sehingga anda akan bejalan seperti pahlawan , bukan seperti pecundang kalah perang .

6. Mulai sapa orang yang anda kenal atau tidak , dengan salam dan senyuman , tebarkan salam maka dunia akan mengasihi anda , tebarkan salam maka dunia akan mencintai anda , tebarkan salam maka keselamatan dan kesejahteraan akan menghampiri anda .

7. berbicaralah dengan orang dengan perkataan yang baik atau diam jika memang diam itu emas pada saat itu . Jauhilah ghibah karena sekali ghibah berarti ada satu orang yang mati yang kita makan bangkainya . Karena ghibah , membicarakan kejelekan orang seperti memakan daging bangkai orang itu .

8. bicarakan rencana masa depan yang lebih baik dan bagaimana cara melaksanakannya , dengan semua orang yang anda temui , belajarlah pada yang terbaik , pada semua orang atau ajari mereka tentang sesuatu yang bermanfaat untuk diri mereka dan orang lain .

9. Beranilah menatap hidup hari ini , jemput segala peluang yang akan membuat anda lebih baik , lebih cerdas dan lebih bahagia , tidak saja di dunia melainkan di akhirat . Selamat mencoba , semoga Allah memberikan keberkahan dalam hidup kita .

10 komentar:

SWAT Forum mengatakan...

ho ho .
cobah !

Anonim mengatakan...

bisa dicoba nih tips nya..

Anonim mengatakan...

lumayan tipsnya.
ngambil dr mana nih???

alfy mengatakan...

bisa di coba nih.... kunjungin blogku iya...

Anonim mengatakan...

yup! nice tips..
btw,next time, jgn lupa sertakan sumberny y..

Anonim mengatakan...

Semoga yang posting ini juga sedang bahagia !!!

gratisanboy mengatakan...

Siang epi^^ yang ca'em.. Oh tolong kunjungi blog saya yach..Saya meluncurkan halaman web khusus untuk iklan dan bisnis online, minta kritik dan sarannya juga..Sekalian juga undangan buat kawan2 semua..thx

Anonim mengatakan...

tips bagus bgt...terutama yang tersenyum kpd orang gila..eh. tersenyum pd smua orang kecuali orang gila ding...!!!

Umroh Al Haneef mengatakan...

nambahin: blognya blm dofollow ya?

Anita Eka Puspita mengatakan...

manjurkah?????